Indeks Vegetasi dengan Tool NDVI di ERDAS 9.2 (bag.2)

Seperti disebut sebelomnya, rumus NDVI itu (band 4 – band 3) / (band 4 + band 3 ). Konon tiap piksel pada lokasi yang sama di masing-masing band berinteraksi matematik dengan rumus itu. Nah gimana kalo tiba-tiba angka pembilangnya 0 ? devide by zero ? yang jelas saya memperoleh gambarnya kayak gini.

12

Nah, mari kita lakukan sekali lagi dengan cara yang mudah2an berhasil. Pointnya, kita akan menapis jika hasil perhitungan ada yang devide by zero.

Pertama, panggil Modeler. Klik Model Maker. muncul kayak gini:

14
Mari kita lakukan perlahan,
1. dobel klik pada simbol no. 1 untuk memunculkan jendela input Raster. Masukkan file citra komposit yang mengandung band 3 dan 4.
2. Dobel klik pada simbol bulat (fungsi alias rumus) nomor 2 untuk memunculkan jendela Function Definition. Masukkan rumus Band 4 – band 3. lihat gambar dibawah.

15

3. Dobel klik simbol bulat No.3, Masukkan rumus Band 4 + band 3 seperti langkah no. 2
4. Dobel klik simbol input No. 4. Centang checkbox Temporary Raster Only (artinya tidak akan membuat file secara fisik tapi menyimpannya sebagai memori saat proses). Pilih tipe Float. biarkan sisanya.
5. Dobel klik simbol input No. 5. Lakukan seperti nomor 4.

16

6. Dobel Klik simbol bulat no. 6, pilih Conditional, dobel klik rumus EITHER <arg1>…..dst lalu buat rumus yang menghitung input dari nomor 4 dan 5. Saya mengganti EITHER <arg1> IF ( <test> ) OR <arg2> OTHERWISE menjadi EITHER 0.0 IF ($n5_memory == 0.0) OR $n4_memory / $n5_memory OTHERWISE

17

7. Dobel Klik No. 7 untuk membuat file akhir output NDVI. Saya memberi nama file outputnya 122_64_2001_ndvi_by_model.img

18

Selesai sudah. tampilannya kira-kira seperti ini (nama filenya pasti berbeda). Anda tinggal menjalankan rumus ini dengan meng-klik tombol Execute the Model yang bergambar halilintar. Anda dapat menyimpan model rumus NDVI yang anda (berextensi *.gmd) untuk keperluan nanti dengan citra yang berbeda. Koleksi rumus atau modeler bawaan tersimpan di subfolder Models dalam folder aplikasi ERDAS. Search aja.

19

Semoga berfaedah  (^_^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: