PDTK : Peta Dasar Tematik Kehutanan

Badan Planologi Departemen Kehutanan sudah beberapa tahun terakhir ini tengah menggarap Peta Dasar Tematik Kehutanan alias PDTK. Lebih maju lagi, mereka sedang sibuk-sibuknya melakukan penyesuaian (adjustment) peta kawasan hutan ke dalam PDTK. saya menilainya sebagai projek yang rumit, melelahkan dan visioner.
Karena pekerjaan konservasi memang sangat berkepentingan dengan produk ini saya meminta seorang kawan di Baplan memberikan pencerahan. Beliau mengirimkan sepotong tulisan seperti ini :


PETA DASAR TEMATIK KEHUTANAN

LATAR BELAKANG
• Belum adanya Peta Dasar skala 1:250.000 yang meng-cover seluruh wilayah Indonesia.
• Peta yang ada menggunakan peta dasar yang berbeda beda sumber dan akurasinya.
• Terjadi kendala penyajian dan analisa data spasial/Kawasan Hutan.

UPAYA
• Pada Tahun 2001 Pusat Inventarisasi dan Perpetaan Kehutanan telah melakukan komunikasi dengan NASA untuk mengklarifikasi akurasi Citra Lansat 7 ETM + . Menurut NASA Citra Landsat 7 ETM + sudah terkoreksi geometris (L1G).
• Berdasarkan Informasi tersebut Pusat Inventarisasi dan Perpetaan Kehutanan mulai menyusun Peta Dasar berdasarkan Citra tersebut. Namun dalam perjalannya Citra tersebut belum cukup akurat untuk dijadikan dasar pembuatan Peta Dasar. Untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya digunakan Citra Landsat 7 ETM + yang sudah terkoreksi ortho.
o Penyelesaian masalah dimulai 2001;, Ground check (GPS hend held), referensi (KLH, proyek BLN dan data yang ada)
o Delineasi Secara Nasional (2004)
o Uji coba (ground check/tracking, penafsiran, adjustment)
o Departemen Kehutanan dan BAKOSURTANAL telah sejak lama mengadakan kerjasama yang dituangkan dalam bentuk MOU. Kerjasama tersebut berupa kontrol kualitas dan verifikasi peta-peta yang telah dibuat oleh DEPHUT kepada BAKOSURTANAL.
o Verifikasi yang telah dilakukan adalah : Peta Dasar Tematik Kehutanan (PDTK), berupa data dasar (jalan, sungai, dan baseline) yang dibuat oleh DepHut. PDTK merupakan acuan kerangka peta-peta tematik yang akan dibuat oleh DEPHUT.

  • Pusat Inventarisasi dan Perpetaan – Badan Planologi Kehutanan (PusPeta-BaPlan Kehutanan) bertugas menyediakan Peta Dasar Tematik Kehutanan skala 1:250.000. Unsur penunjang Peta Dasar Tematik : Jaringan Transportasi, Hidrografis (Garis Pantai, Sungai)
  • Pusat Pemetaan Dasar Rupabumi dan Tata Ruang (PDRTR) – BAKOSURTANAL bertugas menyediakan Peta Dasar Rupabumi (RBI) multi skala. Unsur utama Peta Dasar RBI : Bangunan, Jaringan Transportasi, Hipsografis, Batas Administrasi, Penutup & Fungsi Lahan, Hidrografis, Nama-Geografis (Toponimi).
  • Proses validasi aspek geometri Peta Dasar Tematik Kehutanan terhadap Unsur-unsur Dasar Rupabumi (garis pantai, sungai, transportasi) dengan cara visualisasi-komparatif hasil overlay antara data Peta Dasar Tematik Kehutanan, Peta Dasar RBI, dan Citra Ortho LANDSAT ETM pada skala 1:250.000.
  • PETA DASAR TEMATIK KEHUTANAN yang berisi data dasar secara resmi telah dilaunching bersama-sama oleh Menteri Kehutanan dan Kepala Bakosurtanal.

ini penggalan MoU-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: